Thursday, April 19, 2012

Pembelajaran Melalui Metode Insersi (Lampiran)

Pembelajaran Melalui Metode Insersi (Lampiran)

Metode lampiran (insersi), merupakan metode yang baru diperkenalkan belakangan ini. Sehingga metode ini belum begitu dikenal dan populer, tetapi telah sering terlaksana dalam berbagai media dan berdaya guna. Metode lampiran (insersi), yaitu cara menyajikan bahan/materi pelajaran dengan cara; inti sari ajaran-ajaran Islam atau jiwa agama/emosi religius diselipkan/disisipkan di dalam mata pelajaran

Saturday, April 14, 2012

Download Soal Ujian Sekolah SD 2011-2012

Download Soal Ujian Sekolah SD 2011-2012

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional sudah semakin dekat. Pastinya semua pihak, baik orang tua, sekolah, guru maupun siswa sendiri sudah melakukan persiapan untuk menghadapinya. Mulai dari menambah jam belajar sampai mencoba mengerjakan berbagai soal latihan Ujian Nasional atau Ujian Sekolah.

Untuk Ujian Sekolah yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2012 juga

Friday, April 13, 2012

Hakikat dan Kedudukan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Hakikat dan Kedudukan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Hakikat Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang membelajarkan siswa untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Komunikasi ini dapat dilakukan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan kesimpulan tersebut, maka standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penugasan, pengetahuan, ketrampilan berbahasa,

Thursday, April 12, 2012

Pembelajaran Menulis Menggunakan Model PAKEM

Pembelajaran Menulis Menggunakan Model PAKEM

Rachmawati (2007:1) menyatakan PAKEM adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik megerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkn ketrampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan efektif. Sementara

Wednesday, April 11, 2012

Tujuan dan Jenis-jenis Menulis

Tujuan dan Jenis-jenis Menulis

Dalam menulis pasti memiliki tujuan agar pembaca menjadi terinspirasi dan tergerakkan. Penulis memiliki tujuan tertentu dalam penulisannya, yaitu: memberi informasi, mencerahkan jiwa, mengabadikan sejarah, ekspresi diri, mengedepankan idealisme, mengemukakan opini dan teori, dan menghibur (Charlie: 2008, 111). Dari tujuan menulis yang diungkap oleh Charlie, dapat diuraikan sebagai berikut. (1)

Tuesday, April 10, 2012

Kegiatan Pembelajaran Menulis di SD

Kegiatan Pembelajaran Menulis di SD

Mengarang dengan mendeskripsikan gambar merupakan salah satu pembelajaran menulis yang pada umumnya masih belum dikuasai oleh siswa. Siswa masih sering merasa bingung, apa yang akan mereka tulis untuk menjadi sebuah karangan. Hal ini terjadi karena berbagai sebab, seperti siswa belum mempunyai kemampuan atau belum terlatih untuk mendeskripsikan gambar, siswa kurang percaya diri, pendekatan atau

Monday, April 9, 2012

Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia adalah agar siswa memiliki kemampuan di antaranya: (1) berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, (2) menghargai dan bangga dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, (3) memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan

Sunday, April 8, 2012

Beasiswa Unggulan 2012 Ditjen Dikti untuk Pendidik

Beasiswa Unggulan 2012 Ditjen Dikti untuk Pendidik

Ada kabar gembira bagi Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tetap. Kementerian Pendidikan dan Budaya lewat Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi (Ditjen Dikti) mengeluarkan pengumuman Beasiswa Unggulan 2012 untuk Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tetap. Seperti dikutip dari surat edaran di website resmi Ditjen Dikti sebagai berikut:

Salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia

Saturday, April 7, 2012

Tahap-tahap Menulis

Tahap-tahap Menulis

Bagi mahasiswa, pekerjaan menulis merupakan suatu beban berat (Akha-diyah dkk,1989:1). Anggapan ini timbul karena kegiatan menulis membutuhkan waktu yang banyak dan perhatian yang sungguh-sungguh. Di samping itu, menuntut keterampilan yang belum tentu memiliki keterampilan menulis, oleh karena itu diperlukan latihan yang panjang. Dalam proses menulis karangan deskripsi, siswa tidak hanya

Friday, April 6, 2012

Pengertian Pendekatan Konstruktivisme

Pengertian Pendekatan Konstruktivisme

Pendekatan konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir dan mengkonstruksi dalam memecahkan suatu permasalahan secara bersama-sama sehingga didapatkan suatu penyelesaian yang akurat (Saefudin: 2008).

Konstruktivisme merupakan landasan berpikir pembelajaran kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit yang hasilnya diperluas

Wednesday, April 4, 2012

Soal Ulangan Tengah Semester 2 SBK Kelas V SD

Soal Ulangan Tengah Semester 2 SBK Kelas V SD


ULANGAN TENGAH SEMESTER 2 KELAS V SD

MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
16. Orang yang pekerjaannya menggambar ilustrasi disebut ....
17. Sebelum menggambar ilustrasi sebaiknya pelajari dulu ..... tokohnya
18. Topeng Nusantara kebanyakan dibuat dari bahan ....
19. Ida Bagus Ketut Gelodog adalah

Tuesday, April 3, 2012

Download Silabus dan RPP Berkarakter PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

Download Silabus dan RPP Berkarakter PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
Pembelajaran Team Assisted Individualization

Pembelajaran Team Assisted Individualization

Pembelajaran kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. (Felder, 1994: 2).

Wahyuni (2001: 8) menyebutkan bahwa pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dengan cara menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki kemampuan berbeda.

Sependapat dengan pernyataan tersebut Setyaningsih (

Monday, April 2, 2012

Ketentuan Kelulusan Ujian Nasional dan Kelulusan SD

Ketentuan Kelulusan Ujian Nasional dan Kelulusan SD

Tujuan pendidikan di sekolah dasar (SD) sebagai wajib belajar 9 tahun adalah untuk mempersiapkan peserta didik melanjutkan ke jenjang berikutnya (SMP). Seoarang peserta didik dikatakan lulus dari satuan pendidikan SD atau MI ada kriteria dan ketentuan harus dicapainya.

Untuk peserta didik sekolah dasar (SD), wewenang kelulusan sepenuhnya diberikan kepada pihak sekolah melalui rapat dewan guru

Sunday, April 1, 2012

Metode Belajar Aktif Model Ala Permainan Bingo

Metode Belajar Aktif Model Ala Permainan Bingo

1. Uraian Singkat
Strategi ini membantu mengingatkan kembali akan istilah-istilah yang telah siswa pelajari selama menempuh mata pelajaran. Strategi ini menggunakan format permainan Bingo.

2. Prosedur
a. Susunlah sejumlah 24 atau 25 pertanyan tentang materi pelajaran anda yang bisa dijawab dengan istilah baku yang digunakan dalam mata pelajaran anda. Berikut adalah beberapa contoh istilahnya.