Tuesday, July 26, 2011

Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning

Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning

a. Hakikat CTL
�Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari; sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit-demi sedikit, dan dari proses

Friday, July 22, 2011

Dasar Pengelompokan Model Pembelajaran Matematika SD

Dasar Pengelompokan Model Pembelajaran Matematika SD

A. Pengertian Model-model Pembelajaran
Model mengajar adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Model pengajaran merupakan suatu rencana atau pola

Monday, July 18, 2011

Yang Harus Diperhatikan dalam Pembelajaran PAKEM

Yang Harus Diperhatikan dalam Pembelajaran PAKEM

A. Apa itu PAKEM?
PAKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.
Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu proses aktif dari si pembelajar dalam membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya

Thursday, July 14, 2011

Ciri-Ciri dan Prinsip Pembelajaran PAKEM

Ciri-Ciri dan Prinsip Pembelajaran PAKEM

Dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan strategi pembelajaran yang sangat baik dan cocok untuk situasi dan kondisi siswa. Strategi yang sangat cocok dan menarik peserta didik dalam pembelajaran sekarang ini dikenal dengan nama PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).

PAKEM adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengejakan kegiatan yang

Sunday, July 10, 2011

Peran Guru Dalam Pembelajaran PAKEM

Peran Guru Dalam Pembelajaran PAKEM

Belajar itu menyenangkan. Tapi, siapa yang menjadi stakeholder dalam proses pembelajaran yang menyenangkan itu? Jawabannya adalah siswa. Siswa harus menjadi arsitek dalam proses belajar mereka sendiri. Kita semua setuju bahwa pembelajaran yang menyenangkan merupakan dambaan dari setiap peserta didik. Karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi siswa

Wednesday, July 6, 2011

Pembelajaran Konstektual

Pembelajaran Konstektual

a. Pengertian Pembelajaran Kontekstual
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit,

Sunday, July 3, 2011

Membuat Belajar Matematika Lebih Menyenangkan

Membuat Belajar Matematika Lebih Menyenangkan

SEKOLAHDASAR.NET Matematikan bagi kebanyakan anak adalah pelajaran yang menakutkan. Kadang melihat buku atau soalnya saja sudah pusing. Bagaimana membuat matematika lebih menyenangkan? Seperti dikutip dari kompas.com Tokoh matematika dan sains Indonesia yaitu Yohannes Surya menjelaskan, Matematika terasa menyenangkan ketika seseorang mengerjakan soal-soal Matematika dalam waktu yang cukup lama.
Karakteristik Perkembangan Anak usia TK dan Kelas Awal SD

Karakteristik Perkembangan Anak usia TK dan Kelas Awal SD

SEKOLAHDASAR.NET Anak usia dini mengalami tahap perkembangan perubahan yang kontinu dan sistematis. Perkembangan berkaitan dengan kematangan secara biologis dan proses belajar. Demikian pula dalam perkembangan anak, secara biologis Ia harus berada dalam kondisi sesuai umurnya. Terdapat pola kesamaan perkembangan dalam diri seseorang dengan anak lainnya pada tahap usia tertentu.

Anak usia Taman

Friday, July 1, 2011

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

a. Hakekat Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
Belajar matematikan merupakan tentang konsep-konsep dan struktur abstrak yang terdapat dalam matematika serta mencari hubungan antara konsep-konsep dan struktur matematika. Belajar matematika harus melalui proses yang bertahan dari konsep yang sederhana ke konsep yang lebih kompleks. Setiap konsep matematika dapat dipahami dengan baik jika