Tuesday, June 21, 2011

Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Hasil Belajar

Secara formal belajar dapat di definisikan sebagai tingkah laku yang dikaitkan dengan kegiatan sekolah. Belajar merupakan fisik atau badaniah yang hasilnya berupa perubahan-perubahan dalam fisik itu, misalnya, dapat berlari, mengendarai, berjalan, dan sebagainya. Belajar selain merupakan aktivitas fisik juga merupakan kegiatan rohani atau psikis.

Belajar tidak hanya mengenai bidang intelektual,
Menentukan KPK dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual (CTL)

Menentukan KPK dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual (CTL)

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dalam masyarakat, bangsa dan negara.

Berbagai usaha pembaharuan kurikulum, perbaikan sistem

Friday, June 17, 2011

Cerita Lain di Balik Ujian Nasional Sekolah Dasar

Cerita Lain di Balik Ujian Nasional Sekolah Dasar

Ujian Nasional tingkat SD memang sudah berakhir, mulai tanggal 10 Mei sampai 12 Mei anak-anak SD melaksanakan Ujian Nasional, mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Ujian Nasional adalah satu bentuk dari evaluasi pengajaran. Pada dasarnya implikasi dari sebuah evaluasi itu adalah proses yang terus menerus yang dari awal pengajaran sampai akhir pengajaran. Proses evaluasi

Monday, June 13, 2011

Implementasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar

Implementasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar

Penerapan pembelajaran kontekstual dalam kelas didasarkan pada komponen-komponen utama dalam pembelajaran kontekstual. Nurhadi (2004: 31) menyatakan tujuh komponen utama dalam pembelajaran kontekstual, yaitu: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Sebuah kelas dikatakan menggunakan pendekatan kontekstual jika menerapkan ketujuh

Thursday, June 9, 2011

Pengertian Pembelajaran Kontekstual dan Komponennya

Pengertian Pembelajaran Kontekstual dan Komponennya

Nurhadi (2005: 5) berpendapat bahwa pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan melibatkan ketujuh komponen utama pembelajaran efektif yaitu kontruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, permodelan, dan

Sunday, June 5, 2011

Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik jika hasil belajar sesuai dengan standar yang diharapkan dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar harus dirumuskan dengan baik untuk dapat dievaluasi pada akhir pembelajaran. Hasil belajar seseorang tidak langsung kelihatan tanpa orang itu melakukan sesuatu untuk memperlihatkan kemampuan yang diperolehnya melalui

Wednesday, June 1, 2011

Prinsip-prinsip Pembelajaran IPA di SD

Prinsip-prinsip Pembelajaran IPA di SD

Pembelajaran IPA di SD merupakan interaksi antara siswa dengan lingkungan sekitanya. Hal ini mengakibatkan pembelajaran IPA perlu mengutamakan peran siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran tersebut. Guru berkewajiban untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa untuk